Daftar Blog Saya

Kamis, 03 Februari 2011

PuLau BiDadaRi

Selain sebagai tempat bersejarah, pulau Bidadari ini juga merupakan tempat wisata yang indah. Maka itu pulau Bidadari merupakan pulau yang paling terkenal di antara gugusan kepulauan seribu. Perjalanan laut menuju pulau Bidadari ini hanya memakan waktu sekitar setengah jam dari dermaga Pantai Marina Ancol, kapal cepat (speedboat) disini banyak tersedia pada hari sabtu sedangkan untuk hari lain hanya ada 2 kali sehari yaitu pagi dan petang saja. 
Di pulau Bidadari ini merupakan pulau yang sarat akan peninggalan sejarahnya karena sebelumnya pernah digunakan oleh kolonial Belanda, maka itu di pulau ini terdapat benteng tua (benteng Martello) dan pelabuhan kuno. Bangunan-bangunan peninggalan sejarah di pulau ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dekatnya jarak dengan kota Jakarta membuat banyak wisatawan yang tidak hanya datang untuk menginap tetapi juga datang untuk sedekar berkunjung seharian saja (one day tour).
Pulau ini pertama kali digunakan oleh kolonial Belanda pada tahun 1679 sebagai Sanotarium atau tempat penampungan pasien penderita lepra. Maka itu sebelum dinamakan pulau Bidadari masyarakat mengenalnya dengan sebutan Pulau Sakit. Pada tahun 1800 pasukan kolonial Inggris sempat menyerang pulau ini dan membuat semuanya berantakan, lalu pada tahun 1827 pulau ini kembali dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada tahun 1933 pulau ini digunakan sebagai asrama para jemaah haji dari seluruh Hindia Belanda sebelum di layarkan ke tanah suci Mekkah.
Namun setelah Indonesia bebas dari penjajahan Belanda, pulau ini kosong sama sekali tak ada kegiatan apa-apa, hingga akhirnya pada tahun 1970 pulau ini dijadikan tempat wisata dan diberi nama pulau Bidadari.
Fasilitas yang tersedia di pulau ini juga sangat menyenangkan bagi pengunjung, untuk olahraga air disediakan berbagai macam fasilitas seperti Banana Boat, Cano, Jetski, dan Kayak.
Cottage yang tersedia untuk penginapan disini selain banyak Cottage yang berada didalam pulau ada juga Cottage yang berada di perairan atau dikenal juga dengan sebutan “Floating Cottage”. Jarak dari pulau Bidadari ke pulau Onrust sangat dekat, jika ada wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau Onrust disediakan Speedboat kecil oleh pengelola Cottage.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar