Daftar Blog Saya

Kamis, 03 Februari 2011

PuLau CipiR (kahyangaN)

Pulau Cipir (Khayangan)

Pulau Kahyangan disebut juga Pulau Cipir atau Kuiper Eiland. Pulau ini merupakan salah satu pulau di Kelurahan Untung Jawa, yang sudah mulai di tata untuk tujuan wisata. Di pulau ini terdapat peninggalan sejarah, yaitu sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC. Disini ada sumber air tawar yang jernih dan bersih. Perjalanan ke Pulau Kahyangan bisa ditempuh dengan perahu motor yang memang disediakan untuk melayari rute Pantai Marina, Ancol, ke Pulau Kahyangan, pergi dan pulang.

Pulau Cipir atau Pulau Kahyangan menyimpan bekas-bekas sejarah serupa dengan Onrust. Pulau ini juga pernah menjadi tempat karantina jemaah haji (1911-1933) dan kini tinggal puing-puing bekas barak haji, rumah sakit, dan tempat penampungan jemaah haji yang terkena penyakit menular. Di pulau ini terdapat beberapa meriam kuno berusia sekitar 3 abad, buatan Belgia yang dulunya berfungsi sebagai senjata pertahanan.

Di ujung pulau ini terdapat beberapa pondasi Jembatan Ponton. Peninggalan bersejarah ini, diperkirakan telah ada sejak tahun 1911. Saat air laut surut, nampaklah susunan batu bata merah yang tersusun sebagai pondasi dermaga kecil di Pulau Kahyangan. Dulunya setelah Indonesia merdeka dermaga ini digunakan sebagai penerimaan kedatangan para jemaah haji untuk dikarantina.

Sayang, pulau yang indah ini, belum dilengkapi sarana penginapan. Pengunjung yang ingin bermalam, harus membawa tenda dan peralatan camping sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar